Setiap
tahun satuan pendidikan dituntut menjawab tiga masalah dengan menggunakan
perangkat indikator kinerja dalam rangka melakukan pengkajian obyektif terhadap
capaian indikator SPM, Akreditasi, SNP serta pengumpulan bukti mengenai kinerja
peningkatan mutu pendidikan yang telah dilakukan.
Sekolah/Madrasah
sebagai suatu lembaga/institusi mempunyai satu tujuan atau lebih. Langkah
mencapai tujuan tersebut, perlu disusun rencana, tujuan dan bagaimana cara
mencapai tujuan tersebut. Pada umumnya tujuan Sekolah/ Madrasah tercermin dalam
bentuk Visi dan Misi Sekolah/Madrasah. Untuk mencapai visi dan misinya
Sekolah/Madrasah menyusun perencanaan program dan kegiatan yang dituangkan
dalam Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah (RPS) atau Rencana Kerja Sekolah/Madrasah
(RKS/M).
Umumnya
Sekolah/Madrasah cenderung statis dan mulai bergerak setelah masalah muncul ke
permukaan. Perencanaan dilakukan tidak hanya untuk mengatasi masalah yang
sedang dihadapi, tetapi juga untuk perencanaan ke depan dalam hal peningkatan kinerja Sekolah/Madrasah atau untuk mengantisipasi
perubahan dan tuntutan jaman. Pada umumnya Sekolah/Madrasah lebih mengutamakan
pengembangan fisik, padahal pengembangan non fisik jauh lebih penting, karena
salah satu tujuan utama Sekolah/Madrasah adalah menghasilkan anak didik yang
bermutu.
Visi
dan Misi Sekolah/Madrasah pada umumnya masih bersifat umum, sehingga perlu
dijabarkan/dirinci dan programnya harus sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan
Sekolah/Madrasah. Sangat sering ditemukan Sekolah/Madrasah tidak mempunyai program
yang relevan atau tidak sesuai dengan Visi-Misinya.
RKS/M
sebaiknya dibuat bersama secara partisipatif antara pihak Sekolah/ Madrasah (KS
dan guru) bersama dengan pemangku kepentingan seperti Komite Sekolah/Madrasah,
tokoh masyarakat, dan pihak lain di sekitar Sekolah/Madrasah yang peduli
pendidikan. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan, Sekolah/Madrasah
telah menunjukkan sikap keterbukaan dan siap bekerjasama. Hal tersebut akan
meningkatkan rasa memi-liki, serta dapat mengundang simpati sehingga masyarakat
akan merasa senang memberikan dukungan atau bantuan yang diperlukan
Sekolah/Madrasah.
RKS/M
disusun dan dilaksanakan berdasarkan kebutuhan Sekolah/Madrasah dalam rangka
pemenuhan indikator Standar Nasional Pendidikan dan manajemen berbasis Sekolah/Madrasah
(MBS) yang dirumuskan sebagai evaluasi diri Sekolah/ Madrasah (EDS/M),
dikaitkan dengan praktek dan peran kelembagaan yang memang sudah berjalan,
seperti:
- Manajemen Sekolah/Madrasah
- Perencanaan Pengembangan Sekolah/Madrasah
- Akreditasi Sekolah/Madrasah
- Implementasi SPM dan SNP
- Peran Pengawas Sekolah/Madrasah
Secara
singkat EDS/M dirancang untuk digunakan oleh Tim Pengembang Sekolah/ Madrasah
(TPS/M) dalam melakukan penilaian kinerja Sekolah/Madrasah terhadap pencapaian
Standar Pelayanan Minimum (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP)
TUJUAN
Tujuan
utama Penyusunan dan perumusan
EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M dengan menggunakan tools ini adalah:
- Pihak Sekolah/Madrasah memahami manfaat dalam mengevalusi mutu pendidikan secara berkala (setiap tahun) berdasarkan hasil analisis evaluasi diri Sekolah/Madrasah.
- Pihak Sekolah/Madrasah memahami profil satuan pendidikan disesuaiakan dengan tingkat capaian yang terdapat dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Standar Nasional Pendidikan (SNP) sekaligus dapat memotret (memetakan) dan mempersiapkan akreditasinya.
- Pihak Sekolah/Madrasah memahami beberapa hal yang harus direncanakan untuk memperbaiki kualitas pendidikan melalui dana BOS secara bertahap yang dituangkan dalam RKS/M.
- Pihak Sekolah/Madrasah memahami bagaimana menjabarkan RKS/M menjadi Rencana Kerja Tahunan (RKT) sebagai dasar untuk penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M).
- Pihak Sekolah/Madrasah memahami petunjuk teknis penggunaan dan mempraktikkan cara pengisian tools EDS/M-RKS/M-RKT-RKAS/M
- Pihak Sekolah/Madrasah dapat menyelesaikan dokumen RKS/M dan RKT sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan dan penggunaan angggaran.
MANFAAT
Penyusunan
RKS/M berbasis EDS/M dengan menggunakan tools ini memberikan manfaat sebagai
berikut:
- Sekolah/Madrasah memiliki profil Sekolah/Madrasah hasil dari analisis kekuatan dan kelemahan Evaluasi Diri Sekolah/Madrasah (EDS/M).
- Sekolah/Madrasah memiliki laporan EDS/M yang dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi untuk penyusunan dokumen RKS/M, RKT dan RKAS/M sekaligus memiliki potret (pemetaan) pencapaian akreditasi.
- Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKS/M 4 tahun berdasarkan hasil EDS/M, dan Sekolah/Madrasah memiliki dokumen RKT hasil ‘breakdown” RKS/M untuk 4 tahun sekaligus.
- Sekolah/Madrasah memiliki rancangan RKAS/M untuk 4 tahun.
- Sekolah/Madrasah memiliki LAKIS (Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekolah/ Madrasah).
- Sekolah/Madrasah bisa mengukur ketercapaian indikator yang terdapat pada SPM dan SNP.
Semoga Aplikasi ini dapat membantu....
Jabat Erat
Jabat Erat
0 Response to "Aplikasi Penyusunan EDS RKS - RKAS berbasis SPM dan SNP"
Posting Komentar