Satuan Pendidikan : SD
YPPK Santa Ursula
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI /
II
Alokasi
Waktu : 3
x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
9. Memahami tata surya sebagai pusat tata surya
dan interaksi bumi dalam tata surya
B.
Kompetensi Dasar
9.1 Mendeskripsikan sistim tata surya dan posisisi
tata surya
C.
Indikator
·
Mendeskripsikan sistim tata surya
·
Mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai angota tata surya.
·
Medeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
D.
Tujuan Pembelajaran
·
Peserta didik dapat menyebutkan tata surya dengan benar.
·
Peserta didik dapat menyebutkan 8 planet yang ada pada tata surya.
·
Peserta didik Mendeskripsikan sistim tata surya
·
Peserta didik dapat menjelaskan posisi masing-masing planet
dalam tata surya.
E.
Materi Pembelajaran
“Tata Surya”
F.
Sumber dan Media Pembelajaran
·
Sumber:
-
Silabus Kurikulum KTSP
-
Buku Sains kelas VI; Haryanto. Penerbit Erlangga
·
Media:
-
Gambar (powerpoint)
-
Video tata surya
G.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Demonstrasi
H.
Model Pembelajaran
“Talking Steak”
I.
Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
WAKTU
|
1.
Kegiatan Awal:
· Doa
· Salam
· Mengisi daftar hadir
· Tanya
jawab dengan siswa tentang benda yang ada di langit.
|
10 menit
|
2.
Kegiatan Inti:
· Guru memperkenalkan
materi dengan memutar video tata surya.
· Menggali pengetahuan
awal peserta didik dengan bertanya ”Dari video yang tadi
kamu nonton, ada berapa planet yang mengelilingi matahari?
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
· Peserta didik
memperhatikan gambar susunan tata surya
· Peserta didik
mendengarkan penjelasan guru tentang sistim tata surya
· Guru dan peserta didik
bertanya jawab tentang pengertian tata surya, planet dan benda langit yang
ada dalam tata surya.
· Guru dan peserta didik
melakukan permainan talking steak.
· Guru dan peserta didik
bertanya jawab seputar materi yang telah dipelajari
|
50 menit
|
3.
Kegiatan Akhir
· Guru dan peserta didik
menyimpulkan pembelajaran
· Guru memberikan PR
· Evaluasi
|
10 menit
|
J.
Penilaian
· Teknik tes:
-
Tertulis
-
Lisan
-
Perbuatan
· Bentuk tes:
-
Pilihan ganda
K.
Lampiran :
·
Soal
Tes
Pilihlan jawaban yang
kamu anggap benar!
1. Susunan benda langit
yang terdiri dari matahari, dan 8 planet disebt . . . .
a.
galaksi bima sakti c. bulan
b.
satelit d. tata surya
2. Dalam tata surya, ada .
. . planet yang mengililingi matahari.
a.
6 c. 8
b.
7 d. 9
3. Planet dalam tata surya
yang lebih dekat dengan matahari adalah . . . .
a.
Mars c. Saturnus
b.
Yupiter d. merkurius
4. Kala rotasi ditetapkan
sebagai satuan yang disebut . . . .
a.
satu hari c. satu tahun
b.
satu bulan d. satu abad
5. Planet yupiter mempunyai
ciri . . . .
a.
terkecil dan paling terang
b.
dikelilingi oleh sesuatu yang berbentuk cincin
c.
tersesar dan mempunyai 16 satelit
d.
berwarna kemerah-merahan
6. Planet yang letaknya
paling jauh dari matahari adalah . . . .
a.
bumi c. merkurius
b.
saturnus d. neptunus
7. gerakan planet
mengelilingi matahari membentuk . . . .
a.
lingkaran c. elips
b.
garis sejajar d. segitiga
8. Di bawah ini yang
temasuk kelompok planet dalam (inferior), yaitu . . . .
a.
Merkurius,
Venus c. Mars,
Yupiter
b.
Venus,
Mars d. Yupiter,
Uranus
9. Bumi merupakan planet
yang didiami oleh makhluk hidup karena ..
a.
mempunyai udara dan
air c. Mempunyai
gaya gravitasi
b.
ukurannya sangat
besar d. Letaknya
dekat matahari.
10. Peredaran planet
mengelilingi matahari disebut . . . .
a.
rotasi c. orbit
b.
revolusi d. edar
·
Kunci Jawaban Soal
Evaluasi
1.
d 6. d
2.
c 7. a
3.
d 8. a
4.
c 9. a
5.
c 10. A
·
PR
Tulislah
ciri-ciri dari planet-planet berikut ini!
NO
|
PLANET
|
CIRI-CIRI
|
1
|
MERKURIUS
|
|
2
|
VENUS
|
|
3
|
BUMI
|
|
4
|
MARS
|
|
5
|
YUPITER
|
|
6
|
SATURNUS
|
|
7
|
URANUS
|
|
8
|
NEPTUNUS
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
PETRONELA U. WERANG, S.Pd.SD
NIP. 19680203
199910 2 001
|
Manokwari, 13 Maret 2016
Guru Kelas VI,
AFENTINUS DITUBUN
|
Bagi rekan-rekan guru yang ingin download file presentasi tata surya format PowePoint, silahkan download di sini
0 Response to "RPP IPA Materi Tata Surta"
Posting Komentar