RPP IPA Materi Tata Surta

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan     :    SD YPPK Santa Ursula
Mata Pelajaran           :    IPA
Kelas/Semester            :    VI / II
                                      Alokasi Waktu            :    3 x 35 menit

A.           Standar Kompetensi
9.    Memahami tata surya sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
B.            Kompetensi Dasar
9.1  Mendeskripsikan sistim tata surya dan posisisi tata surya
C.           Indikator
·           Mendeskripsikan sistim tata surya
·           Mengidentifikasi kelompok benda langit sebagai angota tata surya.
·           Medeskripsikan posisi planet-planet dalam tata surya.
D.           Tujuan Pembelajaran
·           Peserta didik dapat menyebutkan tata surya dengan benar.
·           Peserta didik dapat menyebutkan 8 planet yang ada pada tata surya.
·           Peserta didik Mendeskripsikan sistim tata surya
·           Peserta didik dapat menjelaskan posisi masing-masing planet dalam tata surya.
E.            Materi Pembelajaran 
“Tata Surya”
F.            Sumber dan Media Pembelajaran 
·           Sumber:
-       Silabus Kurikulum KTSP
-       Buku Sains kelas VI; Haryanto. Penerbit Erlangga
·           Media:
-       Gambar (powerpoint)
-       Video tata surya
G.           Metode Pembelajaran
·           Ceramah
·           Tanya jawab
·           Demonstrasi

H.           Model Pembelajaran
“Talking Steak”
I.              Langkah-Langkah Pembelajaran
KEGIATAN
WAKTU
1.        Kegiatan Awal:
·      Doa
·      Salam
·      Mengisi daftar hadir
·      Tanya jawab dengan siswa tentang benda yang ada di langit.
10 menit
2.        Kegiatan Inti:
·      Guru memperkenalkan materi dengan memutar video tata surya.
·      Menggali pengetahuan awal peserta didik dengan bertanya ”Dari video yang tadi kamu nonton, ada berapa planet yang mengelilingi matahari?
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·      Peserta didik memperhatikan gambar  susunan tata surya
·      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang sistim tata surya
·      Guru dan peserta didik bertanya jawab tentang pengertian tata surya, planet dan benda langit yang ada dalam tata surya.
·      Guru dan peserta didik melakukan permainan talking steak.
·      Guru dan peserta didik bertanya jawab seputar materi yang telah dipelajari
50 menit
3.        Kegiatan Akhir
·      Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
·      Guru memberikan PR
·      Evaluasi
10 menit

J.             Penilaian
·      Teknik tes:
-          Tertulis
-          Lisan
-          Perbuatan
·      Bentuk tes:
-          Pilihan ganda
K.           Lampiran :
·           Soal Tes
Pilihlan jawaban yang kamu anggap benar!
1.      Susunan benda langit yang terdiri dari matahari, dan 8 planet disebt . . . .
a.         galaksi bima sakti                                    c.    bulan
b.        satelit                                                      d.    tata surya
2.      Dalam tata surya, ada . . . planet yang mengililingi matahari.
a.         6                                                              c.    8
b.        7                                                              d.    9
3.      Planet dalam tata surya yang lebih dekat dengan matahari adalah . . . .
a.         Mars                                                        c.    Saturnus
b.        Yupiter                                                    d.    merkurius
4.      Kala rotasi ditetapkan sebagai satuan yang disebut . . . .
a.         satu hari                                                  c.    satu tahun
b.        satu bulan                                                d.    satu abad
5.      Planet yupiter mempunyai ciri . . . .
a.         terkecil dan paling terang
b.        dikelilingi oleh sesuatu yang berbentuk cincin
c.         tersesar dan mempunyai 16 satelit
d.        berwarna kemerah-merahan
6.      Planet yang letaknya paling jauh dari matahari adalah . . . .
a.         bumi                                                        c.    merkurius
b.        saturnus                                                   d.    neptunus
7.      gerakan planet mengelilingi matahari membentuk . . . .
a.         lingkaran                                                 c.    elips
b.        garis sejajar                                             d.    segitiga
8.      Di bawah ini yang temasuk kelompok planet dalam (inferior), yaitu . . . .
a.         Merkurius, Venus                                   c.    Mars, Yupiter
b.        Venus, Mars                                            d.    Yupiter, Uranus
9.      Bumi merupakan planet yang didiami oleh makhluk hidup karena ..
a.         mempunyai udara dan air                       c.    Mempunyai gaya gravitasi
b.        ukurannya sangat besar                           d.    Letaknya dekat matahari.
10.  Peredaran planet mengelilingi matahari disebut . . . .
a.         rotasi                                                       c.    orbit
b.        revolusi                                                   d.    edar
·           Kunci Jawaban Soal Evaluasi
1.         d                                    6.    d
2.         c                                    7.    a
3.         d                                    8.    a
4.         c                                    9.    a
5.         c                                    10.  A

·           PR
Tulislah ciri-ciri dari planet-planet berikut ini!
NO
PLANET
CIRI-CIRI
1
MERKURIUS
2
VENUS
3
BUMI
4
MARS
5
YUPITER
6
SATURNUS
7
URANUS
8
NEPTUNUS












Mengetahui
Kepala Sekolah,



PETRONELA U. WERANG, S.Pd.SD
NIP. 19680203 199910 2 001
Manokwari, 13 Maret 2016

Guru Kelas VI,



AFENTINUS DITUBUN





Bagi rekan-rekan guru yang ingin download file presentasi tata surya format PowePoint, silahkan download di sini







0 Response to "RPP IPA Materi Tata Surta"

Posting Komentar

Cute Red Pencil