Cara Cek Nama Siswa Penerima Bantuan PIP

Program Indonesia Pintar (PIP) yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo adalah bantuan berupa uang tunai yang ditujukan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan maksud untuk menjamin seluruh anak usia sekolah dapat menempuh pendidikan sampai lulus ke jenjang pendidikan menengah.

Tujuan dari program ini antara lain:
  1. Meningkatkan akses bagi anak usia 6-21 tahun untuk mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat satuan pendidikan menengah untuk mendukung pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal/Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun.
  2. Mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan pendidikan akibat kesulitan ekonomi.
  3. Menarik siswa putus sekolah (drop out) atau tidak melanjutkan agar kembali mendapatkan layanan pendidikan di sekolah/Sanggar Kegiatan Belajar (SKB)/Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) maupun Lembaga Kursus dan Pelatihan.
Khusus jenjang SD, dana bantuan PIP ini akan diambil secara kolektif oleh kepala sekolah dengan melengkapi berbagai persyaratan. kemudian kepala sekolah akan memberikan kepada siswa yang namanya keluar sebagai penerima dana bantuan PIP. Namun Kenyataannya masih ada beberapa oknum kepala sekolah yang tidak memberikan dana PIP kepada peserta didik dengan berbagai alasan, salah satu alasan yang sering disampaikan adalah "Nama anak bapak/ibu tidak ada dalam daftar siswa penerima bantuan PIP"

Untuk itu pada kesempatan ini, saya sedikit memberikan tips kepada para orang tua dan guru untuk mengecek nama siswa yang menerima bantuan PIP. 


  • Cari dan klik pada provinsi masing-masing. data provinsi terdiri dari 3 halaman, jika provinsi yang dimaksud tidak ada pada halaman pertama maka klik tombol nekt page di sebelah kana bawah (lihat gambar di atas yang diberi lingkaran warna biru)
  • pilihlah kabupaten masing-masing, sebagai contoh saya memilih kabupaten Manokwari (lihat gambar di bawah ini)


  • Yang berikut klik kecamatan

  • Cari dan klik nama satuan pendidikan dimana anak bapak/ibu bersekolah

  • Sekarang bapak/ibu sudah bisa melihat semua nama peserta didik di sekolah itu yang menerima dana bantuan PIP beserta besaran dana dan tahap pencairan.

Semoga tips ini dapat membantu bapak/ibu untuk mengecek nama siswa penerima dana bantuan PIP.

0 Response to "Cara Cek Nama Siswa Penerima Bantuan PIP"

Posting Komentar

Cute Red Pencil